Kepala Puskesmas Pademangan imbau lansia cek kesehatan mandiri rutin

Jakarta – Kepala Puskesmas Kecamatan Pademangan dr Octoviana Carolina mengimbau warga lanjut usia (lansia) mengecek kesehatan secara mandiri dan rutin mulai dari suhu tubuh, berat badan, tinggi badan, tekanan darah, serta setahun satu kali memeriksakan kadar gula dan kolesterol dalam darah.

Dia mengatakan sudah tersedia 29 pos layanan terpadu (posyandu) yang rutin dibuka di tiap RW yang ada di kelurahan, seluruh Kecamatan Pademangan.

“Dengan mengecek kesehatan rutin, kondisi kesehatan terkini lansia dapat dimonitor segera. Bila dalam kondisi sakit, maka kader posyandu lansia yang mendatangi kediaman lansia tersebut,” kata dr Octoviana kepada ANTARA di Jakarta Utara, Senin.

Selain cek kesehatan di posyandu, warga lansia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk dengan domisili Nomor Induk Kependudukan di Provinsi DKI Jakarta serta terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan dapat mengakses jaminan layanan pemeriksaan kesehatan di puskesmas dan rumah sakit terdekat secara gratis melalui Unit Pengelola Jaminan Kesehatan Jakarta.

“BPJS PBI ini tidak berbayar karena didukung Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sudah sejak tahun 2015. Dan menjadi indikator performa (KPI)-nya para lurah (untuk menginformasikan kepada masyarakat),” kata dr Octoviana.

Sebelumnya, Ketua RW 15 Pademangan Barat Jumadi menyampaikan bahwa ada warga lansia di lingkungannya berinisial H (73) beralamat di RT09/RW015 Pademangan Barat Nomor 40 yang harus dievakuasi dari rumah oleh petugas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan pada Jumat (25/11), sekitar pukul 14.00 WIB, karena sakit.

Kejadian tersebut diketahui saat keluarga pasien datang ke RSUD Pademangan untuk melaporkan ada anggota keluarganya yang sakit dan tidak bisa dibawa ke rumah sakit, karena mengeluhkan kakinya sakit untuk digerakkan (berjalan).

Akhirnya, pasien tersebut mendapat bantuan petugas Gulkarmat setempat dan bisa dirujuk ke rumah sakit terdekat.

Setelah dievakuasi oleh petugas, pasien lalu dibawa menggunakan ambulans ke RSUD Pademangan. Saat itulah diketahui ternyata pasien memiliki riwayat darah tinggi, diabetes, dan sudah komplikasi.

Pasien H sudah mendapatkan pertolongan awal di RSUD Pademangan, dan kemudian dirujuk penanganan ke RSUD Koja untuk menjalani perawatan.

Dan akan dilakukan kunjungan rumah oleh Puskesmas Kecamatan Pademangan untuk mengedukasi keluarga sesudah pasien kembali ke rumah, agar dapat melaksanakan kemandirian dalam merawat lansia. (Ant)