PSR Ingatkan Erik Tohir Agar Tidak Manfaatkan Fasilitas BUMN Untuk Mendongkrak Popularitasnya

Sahabatrakyat.com, Jakarta – Munculnya foto dan video Menteri BUMN, Erick Tohir di seluruh jaringan ATM bank milik BUMN, menuai banyak kritikan dari kalangan aktivis maupun nitizen. Salah satunya datang dari Wakil Presiden DPP Pemuda Sahabat Rakyat (PSR), Indra Lesmana melalui press release yang disebar pada, Senin (8/11/2021).

Menurut Indra, hal ini bisa mengarah pada tindakan penyalahgunaan wewenang/kekuasaan. Karena menurutnya Erick Thohir terindikasi memiliki ambisi menjadi capres atau cawapres 2024. Hal ini diperkuat dengan mulai maraknya deklarasi relawan dan hasil survei beberapa lembaga yang memunculkan nama Erick Thohir baik sebagai Capres maupun Cawapres 2024.

Video yang ditampilkan di puluhan ribu ATM bank milik BUMN dan di putar berulang kali ini jelas akan menimbulkan efek priming di tengah masyarakat dan bisa meningkatkan popularitas Erick Thohir. Dalam perspektif psikologis, efek priming sendiri berarti aktivasi suatu potential knowledge yang telah tertanam dalam memori manusia untuk melakukan suatu tindakan tertentu yang disebabkan oleh adanya rangsangan repetitive dan sistematis dari luar.

Pria yang tercatat sebagai Ketua DPP KNPI ini mengingatkan agar, Erick Thohir selaku menteri BUMN jangan memanfaatkan fasilitas perusahaan BUMN untuk mendongkrak popularitasnya.

“Menteri yang idealnya diisi oleh profesional saat ini sudah bergeser diisi oleh para politisi atau tim sukses. Sebagaimana Erick Thohir kan sebelumnya Ketua TKN, jadi sebenarnya sah-sah saja jika ia berambisi menjadi Presiden atau Wakil Presiden pada pemilu 2024 mendatang. Tapi jangan memanfaatkan fasilitas perusahaan BUMN untuk mendongkrak popularitasnya dong,” kata Indra.

Indra membeberkan beberapa bukti indikasi Erik Tohir memiliki ambisi untuk menjadi Capres atau Cawapres pada pemilu 2024.

“Deklarasi Dukungan Ganjar-Erik Tohir oleh beberapa kelompok relawan di Hotel Garden Place Surabaya pada, Jum’at (17/9/2021), dukungan dari Partai UKM Indonesia melalui Rakornas I yang di helat di Oyo Town House Jl. Salemba Raya 26 Senen Jakarta Pusat pada, Rabu (30/6/2021), serta dukungan dari Pemuda Nasional (PAN), dan lain-lain adalah beberapa bukti indikasi Erik Tohir memiliki ambisi untuk menjadi Capres atau Cawapres pada pemilu 2024,” beber Indra.